Sabtu, 30 November 2013

dialog interaktif



dialog interaktifAnda tentu pernah mendengar tentang dialog interaktif. Dialog interaktif umumnya menjadi program televisi yang membahas tentang banyak hal utamanya tentang kebijakan pemerintah. Dialog interaktif menurut kamus Bahasa Indonesia adalah percakapan antara dua orang atau lebih dan saling melakukan aksi.

Berikut ini langkah-langkah dalam melakukan dialog interaktif :

Ketika melakukan dialog interaktif baik itu dilayar kaca maupun dialog terbuka ada beberapa teknik jurnalistik yang harus diingat. Sebagai seorang jurnalis yang baik anda harus menjaga pembicaraan agar tetap mengalir dan mengijinkan narasumber untuk menjawab pertanyaan. Kemudian buatlah pertanyaan yang tepat dan juga memancing interaksi yang baik dari narasumber sehingga dilalog berlangsung seru dan tidak kaku.

Langkah-langkah dalam memulai dialog interaktif

1. Jelaskan tujuan dari dialog interaktif
Mulailah menjelaskan maksud dari mengapa dialog interaktif tersebut dilaksanakan. Jelaskan pula mengapa narasumber yang hadir dipilih untuk menjelaskan masalah yang akan diperbincangkan dan apa peran narasumber tersebut dalam permasalahan yang dibahas. Contoh sebagai narasumber dipilihlah pengamat ekonomi dan menteri keuangan dalam membahas kenaikan BBM.
2. Kumpulkan fakta-fakta dan informasi mengenai permasalahan yang akan dibahas terlebih dahulu
Sebagai acuan dalam perbincangan dan juga menjadi bahan pertanyaan yang akan diajukan, maka jurnalis sebaiknya mengumpulkan informasi tentang narasumber baik nama dan gelarnya juga peran yang digelutinya.Mintalah kartu nama agar memudahkan untuk pengejaan nama dan gelarnya juga agar mudah dalam kontak selanjutnya.
3. Mulailah dengan pertanyaan yang menjadi inti permasalahan agar dialog berjalan lancar
Memulai dialog dengan pertanyaan penting terlebih dahulu agar mudah dalam mengembangkan pertanyaan selanjutnya. Dalam memberi pertanyaan anda bisa menggunakan 5W 1 H (apa,siapa,kapan,dimana,mengapa dan bagaimana) sehingga dialog terus mengalir.Dialog akan bertambah hidup jika pernyataan dari satu narasumber berbeda dengan pendapat narasumber lainnya atau sebaliknya. Tugas jurnalis adalah sebagai penengah dan pengarah dalam dialog tersebut.
4. Gunakanlah pertanyaan terbuka
Pertanyaan terbuka dimaksudkan untuk mendapatkan rincian dari permasalahan sekaligus untuk memverifikasi (mencari kebenaran data) yang didapatkan dari riset sebelumnya. Pertanyaan terbuka adalah pertanyaan yang tidak menghasilkan jawaban ya dan tidak saja , masih ada penjelasan panjang dari pertanyaan yang dilontarkan. Pertanyaan terbuka juga menjadi pertanyaan yang akan mengundang pertanyaan lain.
5. Tanyakanlah bila ada yang terlewatkan atau ingin disampaikan narasumber kepada pemirsa
Jangan lupa menanyakan kepada narasumber apabila ada pesan yang ingin disampaikan ataukah dari dialog tadi ada yang terlupa. Hal ini sangat baik untuk membuat dialog semakin interaktif dan mempunyai makna lebih.
6. Buatlah kesimpulan dari dialog interaktif tersebut
Sebagai penutup, buatlah kesimpulan dari dialog yang terjadi agar pemirsa lebih paham dan mengerti tentang isi dari perbincangan yang dilakukan.

sumber : http://www.kumpulanartikelindonesia.com/search/uraian-dialog-interaktif-tv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar